Selasa, 08 Mei 2012

PELATIHAN PEKERTI DOSEN AKADEMI ANGKATAN UDARA


pekerti2012.JPG
Pusat Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Profesi Nonkependidikan (P3TKN) LPPMP UNY memberikan pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) pada dosen Akademi Angkatan Udara (AAU). Pelatihan yang dibuka oleh  Pembantu Rektor I UNY, Prof.Dr. Nurfina Azman SU.,Apt., dilaksanakan 1 Mei sampai 10 Mei 2012.  Pekerti angkatan ke 5 ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 15 dosen AAU, 2 dari Sekkau Jakarta dan 3 dari Lanud Adi Sutjipto.
Wagub AAU,  Marsma TNI Sugihardjo dalam sambutannya mengajak peserta untuk fokus dan konsisten dalam tugas, wewenang dan tanggung jawab sebagai pengajar di AAU sekaligus sebagai ujung tombak pelaksanaan transformasi berbagai sistem nilai guna meningkatkan mutu proses belajar dan hasil didik. “Peningkatan kompetensi dosen melalui program Pekerti sangat penting karena dosen merupakan salah satu komponen yang sangat berperan dalam proses pembelajaran dan secara langsung mempengaruhi peningkatan mutu belajar anak didiknya” demikian tegasnya.
Sedangkan Prof. Nurfina dalam sambutan pembukaan mengatakan  UNY selama ini berusaha keras untuk ikut serta membangun dan memajukan pendidikan di Indonesia. Tugas ini, tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri dan harus bekerja sama untuk meningkatkan kualitas secara menyeluruh.  Karenanya,  ia  berterimakasih AAU telah bekerja sama dengan UNY baik melalui pelatihan PEKERTI yang sudah beberapa tahun ini dilaksanakan maupun pelatihan Guru 3T UNY pada tahun lalu.
Humas LPPMP, Binar, menjelaskan materi yang diberikan antara lain ; (1) Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Perguruan Tinggi; (2) Paradigma Teori Belajar dan Motivasi; (3) Dasar-Dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar; (4) Desain Instruksional; (5) kompetensi Pembelajaran; (6) Model-model Pembelajaran Inovatif (7) Metode Pembelajaran; (8) Media dan Sumber Belajar; (9) Penilaian Hasil Belajar; (10) Praktek Mengajar (Praktikum). Di akhir pelatihan, peserta melakukan simulasi mengajar dan diberi penilaian oleh teman sejawat dan instruktur untuk mengevaluasi apa yang sudah dipelajari selama pelatihan. (binar/l
http://uny.ac.id/berita/UNY/pelatihan-pekerti-dosen-akademi-angkatan-udara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar